Teknologi
Informasi (TI) berkembang dengan Pesat. Perkembangan tersebut menjadikan TI
pada saat ini bukan hanya sebagai support pada suatu perusahaan, melainkan
telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan, yang dijadikan untuk meningkatkan
keunggulan perusahaan. Aset dan layanan TI dapat menunjang Setiap Proses Bisnis
perusahaan, meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya, serta
dapat mengurangi kesalahan dalam dalam proses, Namun demikian pengunaan TI
tidak luput dari resiko, sehingga harus di kelola dengan baik.
Tata Kelola
Teknologi atau yang dikenal dengan IT Governance merupakan bagian terkait dari
corporate governance yang memungkinkan
terciptanya nilai bisnis melalui TI. IT Governance Institute (ITGI) mendefenisikan IT Governance
merupakan tanggung jawab dewan
direksi dan manajemen eksekutif, bagian yang tidak dapat dipisahkan dari corporate governance yang terdiri dari struktur kepemimpinan dan
organisasi, dan proses yang menjamin bahwa organisasi TI dapat menopang dan
memperluas strategi dan tujuan organisasi.
IT
Governance bukan hanya terkait masalah IT atau hanya menarik bagi fungsi IT.
Dalam arti luas adalah tata kelola merupakan secara keseluruhan dari suatu
entitas, tetapi dengan fokus khusus pada peningkatan pengelolaan dan
pengendalian Teknologi Informasi untuk kepentingan para stakeholder utama.
IT Governance meliputi
budaya, organisasi, kebijakan dan praktik yang menyediakan untuk manajemen TI
dan kontrol di lima bidang utama yaitu :
- Strategic Alignment : Memberikan arahan strategis untuk menyelaraskan antara IT dengan bisnis dan memberikan suatu solusi.
- Value Delivery : Menjamin bahwa IT dirancang untuk mendorong nilai bisnis yang maksimal dari IT, sehingga IT bermanfaat terhadap strategi perusahaan.
- Risk Management : Memastikan bahwa proses dilakukan secara tepat, serta memastikan bahwa risiko telah dikelola secara memadai, Yang mencakup penilaian aspek risiko investasi TI.
- Resource Management : Memberikan arahan higt-level penggunaan sumber daya TI, serta memastikan IT capabiliti dan infrastruktur yang memadai untuk mendukung kebutuhan bisnis saat ini dan yang diharapkan di masa depan.
- Performace Measurement : Tinjauan pencapaian tujuan strategis TI, pengukuran kinerja IT dan kontribusi TI terhadap bisnis. (MA/AZ)
Sumber :
National Computing Centre. (2005). IT Governance Developing a successful governance strategy. United Kingdom: National Computing Centre.
Wim Van Grembergen, P. (n.d.). The Balanced Scorecard and IT Governance. IT Governance Institute
National Computing Centre. (2005). IT Governance Developing a successful governance strategy. United Kingdom: National Computing Centre.
Wim Van Grembergen, P. (n.d.). The Balanced Scorecard and IT Governance. IT Governance Institute
Ditulis oleh:
Arrazaq Zakaria S.Kom
Junior Consultant
Smartpro Solusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar