Selasa, 28 Februari 2017

Pengaturan Struktur dan Model IT Perusahaan Melalui Tata Kelola IT Governance





Teknologi Informasi (TI) berkembang dengan Pesat. Perkembangan tersebut menjadikan TI pada saat ini bukan hanya sebagai support pada suatu perusahaan, melainkan telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan, yang dijadikan untuk meningkatkan keunggulan perusahaan. Aset dan layanan TI dapat menunjang Setiap Proses Bisnis perusahaan, meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya, serta dapat mengurangi kesalahan dalam dalam proses, Namun demikian pengunaan TI tidak luput dari resiko, sehingga harus di kelola dengan baik.

Tata Kelola Teknologi atau yang dikenal dengan IT Governance merupakan bagian terkait dari corporate governance  yang memungkinkan terciptanya nilai bisnis melalui TI. IT Governance Institute  (ITGI) mendefenisikan  IT Governance  merupakan tanggung jawab  dewan direksi dan manajemen eksekutif, bagian yang tidak dapat dipisahkan dari  corporate governance  yang terdiri dari struktur kepemimpinan dan organisasi, dan proses yang menjamin bahwa organisasi TI dapat menopang dan memperluas strategi dan tujuan organisasi.

IT Governance bukan hanya terkait masalah IT atau hanya menarik bagi fungsi IT. Dalam arti luas adalah tata kelola merupakan secara keseluruhan dari suatu entitas, tetapi dengan fokus khusus pada peningkatan pengelolaan dan pengendalian Teknologi Informasi untuk kepentingan para stakeholder utama. 

IT Governance meliputi budaya, organisasi, kebijakan dan praktik yang menyediakan untuk manajemen TI dan kontrol di lima bidang utama yaitu :
 


  1. Strategic Alignment : Memberikan arahan strategis untuk menyelaraskan antara IT dengan bisnis dan memberikan suatu solusi.
  2. Value Delivery : Menjamin bahwa IT dirancang untuk mendorong nilai bisnis yang maksimal dari IT, sehingga  IT bermanfaat terhadap strategi perusahaan.
  3. Risk Management : Memastikan bahwa proses dilakukan secara tepat, serta memastikan bahwa risiko telah dikelola secara memadai, Yang mencakup penilaian aspek risiko investasi TI.
  4. Resource Management : Memberikan arahan higt-level penggunaan sumber daya TI, serta memastikan IT capabiliti dan infrastruktur yang memadai untuk mendukung kebutuhan bisnis saat ini dan yang diharapkan di masa depan.
  5. Performace Measurement : Tinjauan pencapaian tujuan strategis TI, pengukuran kinerja IT dan kontribusi TI terhadap bisnis. (MA/AZ)

Sumber :
National Computing Centre. (2005). IT Governance Developing a successful governance strategy. United Kingdom: National Computing Centre.
Wim Van Grembergen, P. (n.d.). The Balanced Scorecard and IT Governance. IT Governance Institute


Ditulis oleh:
Arrazaq Zakaria S.Kom
Junior Consultant
Smartpro Solusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar