Sabtu, 18 Februari 2017

Pentingnya IT Master Plan Untuk Menunjang Bisnis Anda


Teknologi informasi memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan sebuah organisasi baik itu pemerintahan, kelembagaan maupun perindustrian. Melalui teknologi informasi, sebuah organisasi mampu membuat strategi yang berfungsi sebagai enabler untuk mencapai tujuan. Kebutuhan akan teknologi informasi dalam suatu perusahaan menjadikan teknologi informasi menjadi sumber daya penting. Peningkatan penggunaan teknologi informasi ini tidak hanya untuk proses operasional sehari-hari, tetapi sudah pada proses membantu pengambilan keputusan. Informasi yang dihasilkan menjadikan keputusan menjadi semakin jelas. Saat ini penggunaan teknologi informasi di lingkungan perusahaan sudah merupakan suatu hal yang sangat diperlukan.
IT Master Plan  adalah suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan sistem informasi di perusahaan , yang dengan baik bisa menterjemahkan keinginan baik dari manajemen (System Owner), pengguna (System User) maupun perubahan-perubahan yang terjadi di dalam maupun di luar organisasi. Dengan perkembangan Teknologi Informasi yang sangat cepat (short life-cycle), betapa sulitnya menyesuaikan terhadap kebutuhan perusahaan tanpa adanya Master Plan.
 IT Master Plan berisi strategi-strategi organisasi atau perusahaan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai enabler dan menambah keunggulan yang kompetitif. IT Master Plan membahas mulai dari visi dan misi organisasi atau perusahaan sampai pada perencanaan manajemen proyek IT.
IT Master Plan sangat dibutuhkan karena memiliki tujuan strategis yang akan membantu perkembangan dan kemajuan sebuah organisasi. IT Master Plan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai panduan atau dasar perencanaan oleh sebuah organisasi untuk implementasi teknologi informasi, sebagai alat kontrol untuk mengetahui performa implementasi teknologi informasi dan sebagai alat untuk mengetahui resiko yang mungkin terjadi akibat implementasi teknologi informasi.
Banyak manfaat yang bisa diambil dalam pemanfaatan IT Master Plan. Manfaat pertama adalah sebagai dasar bagi perencanaan perusahaan dalam investasi dan implementasi teknologi informasi. Kedua adalah untuk mengurangi beberapa resiko yang timbul dari implementasi teknologi informasi. Selanjutnya adalah sebagai alat kontrol dan parameter yang efektif untuk mereview performa dan kesuksesan implementasi Teknologi Informasi pada suatu perusahaan.
Jika sebuah organisasi tidak memiliki IT Master Plan, maka akan menimbulkan konsekuensi yang mungkin akan merugikan organisasi tersebut seperti :
1.      Investasi TI dibuat tanpa adanya tujuan dan dukungan bisnis.
2.      Hilangnya kontrol atas teknologi informasi, setiap individu harus lebih bekerja keras untuk mencapai tujuan dari teknologi informasi.
3.      Sistem tidak terintegrasi dengan baik (muncul sistem yang terpulau-pulau), hal ini bisa menyebabkan ketidakakuratan data dan tidak koherennya sumber informasi.
4.      Tidak ada prioritas untuk proyek teknologi informasi dan mengakibatkan rendahnya produktivitas.
5.      Tidak ada mekanisme untuk memutuskan jumlah sumber daya yang dibutuhkan.
6.      Rendahnya manajemen informasi, sehingga informasi tidak konsisten, tidak tersedia, tidak akurat atau terlalu lambat.
7.      Terjadi kesalahpahaman antara pengguna dan pelaksana teknologi informasi.
8.      Strategi teknologi informasi tidak sesuai.
9.      Investasi infrastruktur TI yang tidak mencukupi.
10.  Semua proyek TI hanya dianalisis melalui dasar keuangan.
11.  Timbulnya konflik antar organisasi karena tidak adanya rencana teknologi informasi.
Strategi dari IT Master Plan di atas dibutuhkan untuk menjalankan inisiatif perencanaan dari sebuah organisasi agar lebih terarah. Selain itu, suksesnya penerapan IT Master Plan juga harus didukung dengan kedisiplinan, kontrol, identifikasi, kerjasama, tanggung jawab dan leadership.  Untuk mendukung selarasnya implementasi IT Master Plan, maka dibutuhkan seseorang yang bertugas untuk merumuskan, mengawasi dan  bertanggung jawab serta mengevaluasi sistem kerja IT Master Plan agar berjalan dengan baik.

Sumber

Antika, A. (2016, November 23). MENGAPA SEBUAH ORGANISASI MEMBUTUHKAN IT MASTER PLAN? Retrieved from www.detiknas.go.id: http://www.detiknas.go.id/2016/11/23/mengapa-sebuah-organisasi-membutuhkan-it-master-plan/
Armadyah Amborowati, S. (n.d.). TINJAUAN SEBUAH IT MASTER PLAN ( Studi Kasus Master Plan Pemerintah Daerah DKI Jakarta ). Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Triwahyuni, T. C. (n.d.). Master Plan Teknologi Informasi. Retrieved from www.academia.eu: http://www.academia.edu/5513850/Master_plan_teknologi_informasi

WWardhanu. (2010, Agustus). Sebuah Konsep Tentang IT Master Plan (Bagian 1). Retrieved from www.wwardhanu.blogspot.co.id: http://wwardhanu.blogspot.co.id/2010/08/sebuah-konsep-tentang-it-master-plan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar