Perkembangan Teknologi Informasi (TI) saat ini begitu pesat, serta dirasakan sangat berperan penting dalam menciptakan value bagi organisasi. Pemanfaatan TI membuat organisasi semakin ketergantungan terhadap layanan TI agar dapat unggul dalam persaingan (Competitive Advantage), karena itu pengelolaan layanan TI merupakan hal yang sangat diperhatikan serta senantiasa diperbaiki dalam rangka mengingatkan pelayanan kepada pelanggan.
Layanan (service) adalah sarana penyampaian nilai (Value Delivery) kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil akhir yang diinginkan pelanggan tanpa kepemilikan atas biaya dan resiko tertentu. Information Technology Service merupakan layanan TI yang disediakan oleh penyedia layanan untuk pelanggan (IT Service Customer) baik internal maupun eksternal, yang bertujuan untuk membantu berjalannya proses bisnis yang ada.
Information Technology Service Management (ITSM) adalah suatu cara untuk menyelaraskan antara penyedia layanan TI dengan kebutuhan bisnis perusahaan, sehingga mampu memberikan layanan TI lebih efektif serta efisien yang berorientasi kepada kebutuhan bisnis perusahaan. ITSM dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis orhanisasi yang telah menggunakan Teknologi Informasi dalam proses bisnisnya. ITSM memberikan keuntungan kepada perusahaan dan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan strategis, sehingga ITSM dapat membuat perusahaan memiliki daya saing (competitive advantage).
1.1 TIga Domain IT
Dalam Layanan TI harus memperhatikan tiga domain berikut:
1.
People
Domain
ini berkaitan dengan organisasi perusahaan,
job deskription, fungsi-fungsi
yang ada di perusahaan.
2. Process
Terkait dengan
proses bisnis, tata kelola, prosedur yang ada di perusahaan.
3.
Technology
Merupakan
suatu tools yang digunakan untuk
menjalan setiap proses bisnis, sehingga mampu meningkatkan efektifitas dan
efisiensi dari proses bisnis perusahaan.
Secara Umum, tujuan dari implementasi ITSM pada perusahaan ialah untuk menyelaraskan antara layanan TI dengan kbutuhan bisnis perusahaan. Dengan penerapan ITSM perusahaan dapat melakukan efisiensi dan efektifitas kinerja proses bisnis perusahaan, sehingga menghasilkan profit yang lebih bagi perusahaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Internal Data Corporation (IDC), Massachusets Institute of Technology (MIT), dan Alinean, manfaat yang diperoleh perusahaan dari implementasi IT adalah sebagai berikut:
1.
Penyelarasan
antara bisnis dan TI menjadi lebih baik,
2.
Meningkatkan
ketangkasan,
3.
Mereduksi
biaya yang dikeluarkan untuk TI,
4.
Keuntungan
perusahaan lebih meningkat,
5.
Mengurangi
resiko keamanan dan regulasi,
6.
Meningkatkan
kepuasan terhadap TI.
Terdapat berbagai framework yang dapat dijadikan pedoman dan standar untuk ITSM, salah satunya adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL). (AZ/AH)
Ditulis Oleh:
Arrazaq Zakaria S.Kom
Junior Consultant
Smartpro Solusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar