Minggu, 12 Februari 2017

Apa itu Big Data?



Big Data adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka (Economist, 2010). Definisi lain dari Big Data adalah adalah data dengan ciri berukuran sangat besar, sangat variatif, sangat cepat pertumbuhannya dan mungkin tidak terstruktur yang perlu diolah khusus dengan teknologi inovatif sehingga mendapatkan informasi yang mendalam dan dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

Pada awalnya Big Data diperkenalkan dan digunakan untuk menanggulangi ledakan informasi karena bertambahnya pertumbuhan pengguna data internet dan perangkat mobile sebagai suatu sistem teknologi yang baru. Dengan adanya pertumbuhan pengguna data internet dan perangkat mobile yang bisa dibilang cukup pesat akhir-akhir ini ternyata sangat mempengaruhi perkembangan volume dan jenis data yang terus meningkat cukup pesat dan signifikan di dunia maya.

Pengguna data internet dan perangkat mobile ini menggunakan banyak jenis data, mulai dari data teks, gambar, pesan suara, video, dan jenis data-data yang semakin lama semakin membanjiri dan memenuhi sistem komputasi. Penggunaan Big Data inilah yang akhirnya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi banyaknya data yang membanjiri sistem komputasi.

Ada 3 (tiga) ciri-ciri data yang ditangani oleh Big Data. Pertama adalah jumlahnya yang sangat besar (volume). Saking besarnya jumlah data yang ditangani oleh Big Data, ukuran total data dalam terabytes keatas. Kedua adalah adanya pertumbuhan data yang sangat cepat (velocity) sehingga data bertambah secara signifikan dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu relatif singkat. Ciri-ciri terakhir adalah bentuk atau format data bisa beraneka ragam (variety). Contoh format data yang digunakan bisa berupa data dalam tabel-tabel relasional database seperti mySQL, file text biasa, file excel, JPG, atau dalam bentuk/ format apapun.

Dengan begitu, Big Data dapat diasumsikan sebagai sebuah media penyimpanan data yang menawarkan ruang tak terbatas, serta kemampuan untuk mengakodasi dan memproses berbagai jenis data dengan sangat cepat.

 by: Smartpro Solusi Consultant Team

Sumber :


Definisi Big Data. (2016, April 21). Retrieved from Apa Itu Big Data?: http://www.apaitubigdata.com/p/apa-itu-big-data.html
Economist, T. (2010, February 25). Data, data everywhere. Retrieved from The Economict: http://www.economist.com/node/15557443

Maulana, A. (2014, January 16). Tekno Liputan 6. Retrieved from Liputan 6: http://tekno.liputan6.com/read/801638/apa-itu-teknologi-big-data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar