Kamis, 31 Agustus 2017

6 Manfaat Dari Sistem ERP Untuk Usaha Skala Kecil


Sekarang ini, Enterprise Resource Planning (ERP) bukan hanya untuk sebuah perusahaan atau organisasi dalam skala besar saja. Faktanya, ERP untuk usaha skala kecil secara cepat menjadi lebih dan lebih populer dikalangan organisasi-organisasi yang ingin memiliki skala produktifitas yang lebih besar serta ketersediaan data yang efisien yang dapat dimanfaatkan kapan saja, oleh departemen mana saja setiap saat (realtime data).

Dari penjabaran tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, pada dasarnya, memiliki sistem ERP yang baik dapat memberikan beberapa benefit yang signifikan bagi berjalannya sebuah perusahaan, dengan rincian manfaat sebagai berikut:

1. Increased Productivity

Mungkin dari sekian banyak manfaat besar yang dapat dinikmati dari memiliki sistem ERP yang baik bagi perusahaan skala kecil tentu saja dapat meningkatkan produktifitas sebuah perusahaan, yang merupakan sebuah hal yang penting bagi semua lini pekerjaan. Ketika semua urusan tentang data perusahaan dapat dengan mudah tersedia untuk semua department dalam waktu yang sama, para karyawan tentu dapat menghemat waktu khususnya ketika harus melakukan request data dari departemen yang berbeda yang dapat dan sering sekali membuang waktu.

2. Streamlined Data Flow

Selanjutnya, ketika sebuah perusahaan kecil menggunakan ERP software dan mengaplikasikannya pada usaha mereka, mereka dapat merasakan manfaat dari hal tersebut, yakni terpangkasnya alur data perusahaan menjadi lebih sederhana, lebih efisien dan efektif tepatnya. Hal ini terjadi dikalangan perusahaan-perusahaan yang dapat tumbuh dengan cepat.

3. Better Collaboration

Untuk sebuah perusahaan skala kecil yang tumbuh kembang dalam kolaborasi, mengimplementasikan sistem ERP dapat membuat perubahan yang signifikan. Setelah semua masalah, lemahnya komunikasi dan kurang eratnya kolaborasi sering menjadi sebuah hal yang menyulitkan para karyawan tidak mendapatkan data yang mereka butuhkan. Ketika semua karyawan memiliki akses data yang sifatnya saling bersinggungan antar departemen, sebuah kolaborasi antar karyawan sebaiknya difasilitasi karena dapat memberikan sebuah visi yang lebih luas dalam sebuah perusahaan.

4. Decreased Operating Costs

Kemungkinan hal yang paling penting bagi semua pemilik perusahaan yang berskala kecil, penerapan sistem ERP dapat mereduksi pengeluaran operasional. Dengan menyederhanakan penegelolaan database menggunakan sebuah aplikasi, pemilik bisnis dapat menghemat pengeluaran pada perangkat lunak dan sistem manajemen individual yang sebelumnya mereka keluarkan di setiap departemen.

5. Delivery of Business Insights

Ketika melakukan sebuah pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan skala kecil, ini menjadi hal yang penting untuk memiliki semua data yang dibutuhkan dalam genggaman tangan dan yakin bahwa data tersebut merupakan yang terbaru. Dengan ERP untuk sebuah perusahaan skala kecil, tidak ada keraguan dalam melakukan hal tersebut. Hasilnya, para pengambil keputusan dapat menikmati kemudahan dan keyakinan dalam setiap pengambilan keputusan.

6. Improve Decision-making

Pada akhirnya, ketika semua data dapat mudah tersedia dan secara konsisten ter-update, manajemen dapat membuat keputusan terbaik untuk pertumbuhan perusahaan. Mereka juga akan dapat menikmati dengan memiliki sebuah pandangan besar terhadap perusahaan (big picture) bagaimana bisnis mereka beroperasi, hal ini menjadi vital dalam hal merespons perubahan dan mengontrol keseluruhan perencanaan keuangan bisnis.

Kesimpulannya, dengan pengimplementasian yang tepat dan ideal, sistem ERP pada sebuah perusahaan berskala kecil dapat:
• Meningkatkan dan menstimulus produktifitas
• Menghemat pengeluaran
• Menyederhakan pengelolaan database
• Mendorong kolaborasi SDM
• Memberikan gambaran bisnis anda
• Memberikan keyakinan lebih dalam pengambilan keputusan 

Sumber
ITGCT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar